Tuesday, October 17, 2017

Wearing The Hijab

         Banyak dari teman – teman yang sebenarnya sudah tau tetapi, mereka malah menutup telinga akan hal ini, atau mereka enggan berjilbab dengan alasan belum siap, atau daripada berhijab tapi perilaku nggak karuan mending gak usah, jilbabin hati dululah, dan parahnya ada yang gak tau sama sekali kalo pake jilbab tuh wajib hukumnya dalam Islam. Jilbab itu identitas seorang muslimah, serta mahkota pula bagi kita. Kita yang tinggalnya di Indonesia nggak ada yang anehkan dengan orang yang sedang memakai jilbab, mudah pula, gak sama dengan mereka yang menjadi diaspora yang menjadi minority, belum tentu individu yang ada di negara itu open sama wanita berjilbab.
Kenapa sih kita harus berjilbab? Nah jawabannya jelas nih didalam al – quran terdapat dalam Q.S An – Nur:31 dan Q.S Al- Ahzab: 59. Untuk apa menunggu datangnya hidayah, bagaimana kalau kalian meninggal duluan terus hidayah gak datang-datang yah gak bakal pake dong. Hidayah itu dijemput bukan di tunggu, dijemput dengan cara memperbanyak ikut majelis ilmu yang mengkaji tentang agama kita, bergaul dengan orang yang akan membawa kita ke syurganya Allah, dengan itu hidayah akan muncul dengan sendirinya.
Banyak juga yang mau merubah sifatnya dulu baru mau berhijab. Kalau sifatnya gak keubah bagaimana mbak  ? Saya pernah membaca kata– kata di instagram yang bunyinya seperti ini, jagalah shalatmu kelak dengan shalat itu kamu menjadi baik. Nah sama aja tuh kalo kita pake aja dulu jilbabnya terlepas dari kata kita bukan orang baiklah apalah itu, lama kelamaan jilbab itu yang akan menjadi rem bagi kita, menjadi rem bagi kita untuk mengubah sikap, sifat dan perilaku kita menjadi baik menuju jalan yang lurus terang benderang hehe.. Adapula yang bilang jilbabin hati aja dulu, takutnya nanti ujung –ujungnya dibuka lagi jilbabnya, kan mempermainkan agama, maka dari itu di awal saya bilang berjilbab itu wajib, agar tetap kokoh jilbabnya di kepala mesti diikuti dengan embel – embel bermanfaat seperti  ikut majelis ilmu, memperbanyak teman yang ilmu agamanya lebih luas, mengkaji islam lebih dalam, agar merasakan nikmatnya dan tetap istiqamah, untuk mendapat keindahannya jangan pernah menjadi orang yang introvert terhadap sekitar.
Seseorang pernah berkata demikian, Kalian tau tidak pada zaman dulu salah satu perbedaanya bangsawan sama rakyat jelata apa ? itu dari segi pakaian mereka, dimana para bangsawan yang pakaiannya tertutup dan yang budak itu yang gak karuan. Kenapa kita justru terbalik gitu. Islam itu mengatur kita dalam berpakaian, karena kita ingin terlihat sebagai umat yang bak seorang bangsawan
Jilbab tidak membatasi kita sebagai perempuan dalam beraktifitas tapi dia menjaga kita dalam beraktifitas, melakukan hal yang memang sudah menjadi kodrat seorang wanita muslimah, berjilbab bukan penghalang atas karier kita, bahkan dia memprotect kita dari segala hal yang memang bukan ditujukan pada seorang wanita muslimah.



No comments:

Post a Comment

Secangkir Kopi

CERITA DIBULAN JULY

Hari ini terasa sesak, sampai-sampai bernafas pun susah. Leen merasa tak berdaya kali ini ketika mendengar berita buruk yang datang. Tak...